Posted by : adinda rahayu Thursday, February 2, 2017

Cara menanam dengan hidroponik merupakan teknik penanaman dengan mengganti media tanam tanah dengan media tanam lain seperti arang atau air nutrisi. Perkembangan dalam dunia pertanian kini telah menyentuh pada teknik penanaman yang biasa digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti sayuran dan buah-buahan. Bila sebelumnya media tanam konvensional selalu identik dengan tanah, kini Anda wajib mengenal teknik hidroponik di mana Anda dapat menggunakan berbagai jenis media tanam yang tetap membuat tanaman tumbuh dengan subur.

Menanam Sayuran Hidroponik Menggunakan Pipa Paralon
Teknik hidroponik ini di klaim lebih ramah lingkungan dan juga lebih hemat karena Anda tak perlu mempersiapkan tanah yang luas dan pupuk yang mahal. Bila Anda ingin cara menanam yang lebih praktis, silahkan gunakan cara menanam dengan hidroponik yang dapat membuat kegiatan bercocok tanam Anda menjadi lebih efektif. Bila Anda penasaran mengenai langkah apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan teknik hidroponik, inilah pembahasannya untuk Anda.

1. Persiapan dan Pemilihan Alat

Sebelum Anda memulai penanaman dengan cara hidroponik, persiapan dan pemilihan alat yang digunakan menjadi sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini merupakan poin-poin persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan penanaman dengan teknik hidroponik :

Tidak Hanya Sayuran, Sistem Hidroponik Banyak Diaplikasikan Untuk Tanaman Buah
- Memilih jenis tanaman
Pemilihan jenis tanaman menjadi sangat penting untuk dilakukan mengingat bentuk media tanam yang akan Anda buat sangat bergantung dari jenis tanaman apa yang akan Anda tanam menggunakan teknik hidroponik.

- Mempersiapkan alat-alat
Setelah mengetahui apa yang akan Anda tanam, kemudian Anda harus mempersiapkan alat, seperti halnya media tanam yang akan dipergunakan, botol nutrisi seperti apa yang akan Anda pilih. Seluruhnya tersedia dan dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mempersiapkan cara bercocok tanam dengan cara hidroponik.

Pertanian Modern Menggunakan Sistem Hidroponik
Dalam memilih peralatan dan benih untuk membuat tanaman hidroponik, Anda tak perlu risau dan kesulitan untuk mendapatkannya karena kini seluruh alat dan bibit untuk teknik penanaman hidroponik dapat diperoleh di http://www.bibitbunga.com/ yang telah berpengalaman dalam menyediakan berbagai alat dan benih untuk penanaman dengan teknik hidroponik.

Ada hal yang menjadi catatan untuk Anda dalam menanam menggunakan teknik hidroponik. Anda dilarang untuk menggunakan media tanam yang sudah tidak layak. Bila Anda memilih untuk menggunakan sabut kelapa, maka Anda wajib memastikan bahwa sabut kelapa yang Anda gunakan masih dalam keadaan baik dan layak untuk ditanami. Media tanam harus selalu diperhatikan karena hal ini akan menentukan hasil penanaman yang Anda lakukan.

2. Penanaman dan Perawatan

Tahapan terakhir dari bercocok tanam dengan sistem hidroponik adalah memperhatikan sistem penanaman dan perawatan tanaman tersebut. Dalam menanam berbagai jenis bibit menggunakan teknik hidroponik, Anda harus memperhatikan bahwa ketika akar tanaman tumbuh, nutrisi dapat dijangkau oleh akar tanaman. Nutrisi menjadi kunci kehidupan dari berbagai tanaman yang Anda tanam. Nutrisi untuk teknik hidroponik dapat dibeli sehingga Anda hanya perlu meletakannya di dalam botol atau sumbu yang digunakan untuk menanam.

Menanam Dengan Sistem Hidroponik Tidak Selalu Diluar Ruangan, Didalam Ruangan Juga Bisa
Selain itu, pastikan bahwa Anda merawat tanaman dengan baik dan menjaga persediaan nutrisi setidaknya 3 hari sekali. Apabila nutrisi sudah tercukupi dan bibit yang Anda gunakan merupakan bibit unggul berkualitas, Anda tinggal menunggu tanaman tersebut siap dipanen dan dinikmati hasilnya. Selain menggunakan teknik bercocok tanam konvensional, kini sudah saatnya Anda mencoba untuk bercocok tanam dengan menggunakan cara menanam dengan hidroponik dan rasakan keunikan serta hasil yang terbaik dari teknik penanaman ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Pohon Kecilku - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -