Posted by : adinda rahayu Wednesday, February 1, 2017

Cara menanam sayuran hidroponik di pekarangan rumah merupakan langkah dan tahapan untuk menanam sayuran dengan teknik hidroponik atau menanam sayuran tanpa media tanah. Menanam berbagai jenis sayuran di pekarangan rumah Anda kini bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan, Anda dapat menanam berbagai jenis sayuran tanpa media tanah yang biasa digunakan untuk menanam.


Pada dasarnya, hidroponik dibagi menjadi 2 cara:


-  Hidroponik Larutan Nutrisi
Teknik penanaman dengan mengganti tanah menggunakan larutan nutrisi yang akan menutrisi tanaman sehingga dapat hidup dengan subur.

- Hidroponik Media Pengganti
Sedangkan jenis hidroponik media pengganti merupakan jenis teknik penanaman dengan menggantikan tanah menggunakan media tanam lain seperti arang atau sabut kelapa.

Kedua teknik tersebut sama-sama mudah digunakan. Namun, bila Anda ingin menanam berbagai jenis sayuran di pekarangan rumah Anda, ada baiknya Anda menggunakan teknik hidroponik larutan nutrisi yang memiliki cara pengaplikasian yang lebih mudah. Berikut ini merupakan langkah untuk menanam sayuran hidroponik di pekarangan rumah Anda.

1. Pilih Bibit Sayuran
Langkah pertama adalah memilih bibit sayuran yang akan Anda tanam di pekarangan rumah Anda. Anda harus memutuskan jenis sayuran apa yang sekiranya cocok dan tidak terlalu besar untuk ditanam di pekarangan rumah Anda. Dalam hal ini, Anda disarankan untuk memilih tanaman kecil seperti tomat kecil dan juga selada yang mudah tumbuh dan juga dapat dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari.

Setelah menentukan jenis tanaman sayuran apa yang akan Anda tanam, Anda dapat memilih bibit yang berkualitas untuk kemudian ditanam di media tanam hidroponik yang akan Anda persiapkan pada tahapan selanjutnya.

2.  Persiapkan Alat dan Media Tanam
Pada tahap ini, Anda harus mempersiapkan alat dan media tanam yang akan digunakan untuk menanam sayuran hidroponik di pekarangan rumah Anda. Berikut ini merupakan alat yang akan digunakan untuk membuat media tanam :


- Botol air mineral bekas
- Pisau
- Kain tipis
- Air nutrisi (dapat Anda beli di toko alat pertanian dan bibit)

Setelah semua alat siap, berikut ini merupakan langkah untuk pembuatannya :
- Potong botol air mineral menjadi 2 bagian untuk kemudian diisi dengan air nutrisi yang telah dipersiapkan.
- Tutup bagian atas botol dengan kain tipis di mana Anda akan meletakkan bibit tanaman sayur.
- Setelah itu, letakkan bibit tanaman sayur di atas kain tersebut. Apabila akar telah tumbuh, kemudian pindahkan bibit tanaman tersebut ke botol lain yang juga telah dihubungkan dengan supply air nutrisi. Pastikan akar tanaman sayur dapat menyentuh air nutrisi yang telah dipersiapkan.

Video Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Setelah semua tahapan dilakukan dengan seksama, kini Anda hanya perlu menunggu tanaman tersebut tumbuh untuk kemudian Anda dapat merasakan hasilnya setelah tanaman yang Anda pilih siap untuk dipanen.

Bila Anda membutuhkan berbagai jenis alat dan bahan untuk membuat media tanam hidroponik di rumah Anda, silahkan kunjungi bibitbunga .com yang menyediakan segala jenis keperluan untuk membuat media tanam hidroponik di rumah Anda. Tak hanya alatnya saja, namun Anda juga dapat memperoleh berbagai jenis bibit berkualitas di situs tersebut. Tak hanya praktis, namun Anda akan mendapatkan layanan yang cepat dan memuaskan. Menanam dengan cara hidroponik sangat layak untuk Anda coba karena cara menanam sayuran hidroponik di pekarangan rumah dapat menghemat biaya dan menghasilkan sayuran lebih cepat.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Lengkap ya informasinya, kapan-kapan mau coba nih cara menanam sayuran hidroponik di rumah, Jual Anggrek botolan

    Terimakasih

    ReplyDelete

- Copyright © Pohon Kecilku - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -